Back Up Data Otomatis dengan Notepad dan Task Scheduler

Notepad ternyata bisa kita manfaatkan sebagai pembuat file perintah otomatis, orang awam seperti saya yang latar pendidikannya bukan IT menganggap hal ini baru, namun untuk yang sudah ahli mungkin bukan hal yang istimewa. Namun saya yakin, ilmu ini akan berguna untuk orang awam, karena akan saya jelaskan dengan cara yang sederhana.
Disini saya akan coba menjelaskan cara copy paste data (bisa dimanfaatkan sebagai back up data) secara otomatis dengan menggunakan notepad sebagai medianya.
  1. buka program notepad dan cmd (command prompt), program cmd ini nantinya untuk menguji apakah bahasa program yang kita tulis benar atau salah.
  2. bila folder yang akan anda copy berada di drive D, E, dsb, maka ketik drive anda diikuti tanda :, contoh folder yang akan dicopy ada di drive F, maka ketik F: di notepad dan cmd kemudian tekan enter, maka akan muncul seperti dibawah ini:
  3. artinya saat ini command promp bekerja untuk drive yang kita arahkan, setelah itu ketik syntax dengan format:
    xcopy (sumber file) (tujuan) /E
    agak bingung ya, kita langsung ke contoh:
    xcopy "kisah nabi" F:\tes\ /E 
    maksud tulisan diatas, lokasi folder yang akan saya kopi ada di drive F, folder kisah nabi, kemudian saya arahkan ke drive F, dengan folder tes. jangan lupa ada spasi antar xcopy, sumber dan tujuan.
    bila sumber dan tujuan ada spasi pada namanya, tambahkan petik di awal dan akhir, contohnya kisah nabi terdapat spasi makanya saya kasih tanda ". Arti tanda /E adalah bahwa perintah copy untuk direktori dan sub direktori yang ada didalamnya. untuk detail syarat ini, ketik di cmd : xcopy/?, eit tapi jangan sekarang dlu nanti malah lupa dengan pelajaran sekarang...coba nanti saja setelah berhasil yang ini.ok?
    Cobalah aplikasikan sesuai dengan folder di komputer yang anda inginkan
    gambarannya seperti di bawah:
  4. ketika di cmd kita enter setelah memasukkan syntax diatas akan langsung berjalan kopi paste semua file yang ada didalamnya, rentetan file yang dicopy akan berjalan..pemandangan yang indah
  5. Nah berarti syntaxnya sudah benar, sekarang ketik juga di notepad seperti nampak pada gambar diatas, kemudian save filenya sebagai ".bat", misalnya tes.bat, save file tsb ditempat yang tidak sama dengan folder yang akan dicopy, bila ngeyel, program ga kan jalan,, dijamin..lihat gambar dibawah lagi
  6. bat adalah batch file, pengertiannya apa?googling aja ya? saya juga ga ngerti soalnya..hehe. file bat saya simpan di document, siap untuk digunakan sebagai trigger copy paste otomatis..bila anda ingin copy manual, klik aja langsung dan program copy anda berjalan dengan sendirinya.
  7. mau yang copy pastenya ga manual? bisa dijadwalin ga sih? misal tiap jam 7 pagi copy paste sendiri?wah gampang itu...nih caranya
  8. bila ada pakai window 7 atau window 8, tekan tanda window start, ketik task scheduler. kalo di window 8, tekan start, pilih setting trus ketik schedule nama programnya shedule task. kalo di xp anda harus cari dulu di asesories. namanya juga task scheduler juga
  9. klik task scheduler library, kemudian pilih create task. pada tab general, ketik name dan descriptionnya (wajib hukumnya).

Komentar