Membuat Sensor Lampu Otomatis Sederhana

Selamat Datang Kembali di Pusat Pengetahuan Teknologi. Sensor Lampu yang akan kita buat sangat sederhana sekali hanya dengan menggunakan komponen LDR ( Light Dependent Resistor ). Rangkaian ini sangat cocok bagi anda yang malas untuk mematikan lampu pada siang hari dan menghidupkanya pada malam hari saat lokasinya cukup jauh dari Anda.  Misalnya : Lampu Penerangan Jalan yang posisi tombol saklarnya berada di luar rumah, dsb.

Apakah sich LDR  itu ???
Mungkin dari sebagian pembaca ada yang belum mengerti tentang yang dimaksud dengan LDR. Om Eyuana akan coba menjelaskan sedikit tentang benda tersebut. LDR merupakan jenis sensor cahaya dari bahan semikonduktor yang karakteristik listriknya berubah-ubah sesuai dengan cahaya yang diterima. Bahan yang digunakan adalah Kadmium Sulfida (CdS) dan Kadmium Selenida (CdSe). LDR akan memiliki nilai resistansi tinggi jika menerima intensits cahaya yang tinggi, begitu juga sebaliknya.

Skema Rangkaian Sensor Lampu Otomatis Sederhan

Rangkaian diatas bekerja dengan menggunakan catu daya 9 volt DC. Transistor Q1 menggunakan tipe NPN ( C829, C930, C945 atau sejenisnya ). Resistor variabel digunakan untuk menyesuaikan kepekaan. Jangan lupa relay RL1 juga ukuranya 9 volt. Jika sudah menggunakan rangkaian tersebut anda tidak perlu lagi menggunakan tombol saklar untuk lampu penerangan anda.

Komentar